Sabtu, 16 November 2013

Pengertian Suku Bunga Kredit



Bagi para nasabah bank, terutama yang mengambil kredit. Biasanya selalu mempertanyakan soal suku bunga, berapa besarnya bunga, hingga penentuan dan cara perhitungan bunga. Paca hari ini, saya ingin mengajak anda-anda untuk lebih mengenal bunga bank secara lebih komprehensif dan mendalam. Yuk mari kita mulai....

1. Definisi suku bunga
Bunga adalah imbal jasa atas pinjaman uang. Imbal jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman atas manfaat kedepan dari uang pinjaman tersebut apabila diinvestasikan. Jumlah pinjaman tersbut disebut "pokok utang" (principal). Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa ( bunga ) dalam suatu periode tertentu disebut "suku bunga".


2. Penetapan suku bunga kredit
Penetapan suku bunga kredit dilakukan berdasarkan risk based pricing (RBP). Penetapan bunga kredit atas dasar RBP mempertimbangkan berbagai unsur, diantaranya unsur biaya dana masyarakat, biaya premi resiko, biaya regulasi Giro Wajib Minimum (GWM), dan biaya over head baik untuk penghimpunan dana dan proses kredit, biaya modal dan margin keuntungan bank.


3. Jenis-jenis bunga kredit.
Bunga tetap (fixed rate) : suku bunga kredit ditentukan tetap sampai kredit tersebut lunas. Pinjaman dengan bunga tetap akan mengandung resiko suku bunga, apabila selama masa kredit tingkat bunga pasar naik, maka biaya bunga bank akan meningkat. Dengan memberikan bunga secara fixed rate, maka otomatis pihak bank sudah mengambil alih perubahan resiko suku bunga pasar. Hal inilah yang menyebabkan kenapa bunga secara fixed rate lebih tinggi dibandingkan dengan bunga kredit floating rate.


Floating rate (bunga fluktuatif) : suku bunga fluktuatif dibuat mengambang sesuai dengan fluktuasi biaya dana yang ada, misalnya : besaran bunga kredit bergantung kepada besaran bunga deposito dan tabungan. Pinjaman dengan suku bunga fluktuatif secara otomatis akan mengalihkan resiko suku bunga dari bank kepada debitur, namun justru hal tersebut dapat menaikkan resiko kredit yang pada akhirnya juga dapat berdampak buruk bagi nasabah dan bank itu sendiri.


Nah, sekarang sudah jelas kan, apa itu bunga bank, bagaimana menentukan tarip bunga bank serta berbagai macam tipe bunga bank. Semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda-anda semua.

sumber : http://wedharenan.blogspot.com




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.