Multimedia hampir bisa
digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan
teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir
dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio,
handphone dan komputer.
Penerapan Multimedia
Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
·
Bisnis
Aplikasi
multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan,
demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak
ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa
harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia
inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
·
Pendidikan
Aplikasi
multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional
menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak
terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada
umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan
membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi
yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat
mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
·
Rumah
Aplikasi
multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang
menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga
mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia,
seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua
permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
·
Tempat umum
Aplikasi
multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang
terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan
sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan
informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya
kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau
sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut
0 komentar:
Posting Komentar